Beberapa manfaat dari rumput laut

https://hellosehat.com/manfaat-rumput-laut/
                                     

Rumput laut banyak macamnya namun semuanya dapat dikonsumsi. Dalam rumput laut ditemukan serat yang baik bagi pencernaan. Kadar serat yang ada pada rumput laut mencapai 25-35gr cukup untuk memenuhi lambung sehingga memperkecil asupan makanan yang lain. Rumput laut juga berfungsi sebagai prebiotik, yaitu makanan untuk bakteri baik yang ada dalam tubuh.



Proses pencernaan yang baik akan membantu menurunkan berat badan dan membuat metabolisme tubuh lebih bagus. Oleh karena itu, rumput laut dapat dijadikan kudapan saat berdiet. Rumput laut tidak memiliki kandungan lemak dan kalori sehingga aman Anda konsumsi berapa pun banyaknya tanpa takut gemuk. Rumput laut biasanya dicampurkan dalam suplemen diet. Komponen alginat yang berada pada rumput laut mampu membantu proses pencernaan lemak di dalam usus hingga 75%.

Rumput laut juga kaya akan kandungan yodium yang dapat membantu menjaga kesehatan kelenjar tiroid, kelenjar yang mengatur metabolisme tubuh sehingga berat badan tetap seimbang. Selain manfaat bagi pencernaan, rumput laut kaya akan vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan. Di dalamnya terkandung vitamin A, B12, kalium, mineral, juga kaya akan kalsium, zat besi, dan yodium.
Kalsiumnya bahkan setara dengan kandungan kalsium pada susu dan brokoli. Maka dengan mengonsumsi rumput laut juga akan memperkuat tulang dan membantu menambah sel darah merah. Rumput laut juga terdapat kandungan klorofil yang akan melakukan detoks alami dalam tubuh dan mengeluarkan racun akibat sering terpapar polusi.

Semua manfaat di atas dapat Anda temukan pada rumput laut yang masih segar langsung diambil dari laut. Artinya, tanpa diolah dan ditambah garam. Seperti nori, rumput laut yang sudah dikeringkan dan ditambah garam tidak dapat memberikan manfaat di atas.

Tapi, rumput laut yang sudah diolah menjadi agar-agar bisa memberikan manfaat yang sama. Cara memasaknya dapat dengan mencampurkan pada saat memasak nasi atau membuatnya tanpa menambahkan gula.

Tidak ada pantangan dalam mengonsumsi rumput laut, bebas dicampurkan dengan makanan apa pun dan bebas situasi. Namun, hati-hati bila Anda memiliki riwayat hipertensi karena makanan ini tinggi kadar garam.

Narasumber: dr. Diana F. Suganda, M.Kes, SpGK, ahli gizi di RSB Asih Panglima Polim.

Beberapa manfaat dari rumput laut Beberapa manfaat dari rumput laut Reviewed by Mitalfandyk on 06:58 Rating: 5
Powered by Blogger.