7 MAKANAN YANG BISA MENGHILANGKAN INSOMNIA

Image result for insomnia                                          

Tidur adalah salah satu cara yang paling tepat untuk mengistirahatkan tubuh.Dengan tidur, semua bagian tubuh menjadi relax dan akan kembali segar keesokan harinya.Oleh karena itu,tubuh akan mengalami gangguan kesehatan jika mengalami kesulitan tidur.
 
Kesulitan tidur tersebut dapat diakibatkan oleh stres dan beberapa hal lain seperti pola hidup yang tidak sehat, mengkonsumsi obat-obatan tertentu, mengalami penyakit medis atau kelainan psikis dan lain sebagainya.Untuk mengatasi sulit tidur (insomnia) ini,beberapa penelitian menyebutkan ada sejumlah makanan yang dapat membantu.

Makanan-makanan tersebut adalah:

1. Ayam
                                         Image result for ayam
Ayam diketahui mengandung vitamin B6 yang memproduksi sebuah asam ammino, yakni tryptophan. Ernest Hartmann dan timnya dalam penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Psychiatric Research menyatakan bahwa tryptophan mendorong sekresi serotonin.Serotonin telah dikenal sejak lama sebagai hormon bahagia yang mendorong manusia untuk merasa lelah dan tertidur.

2. Ikan Salmon
                                                Image result for ikan salmon
Ikan Salmon diketahui mengandung vitamin B12. Geert Mayer dan timnya dalam penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Neuropsychopharmacology menemukan fakta bahwa vitamin B12 memiliki pengaruh terhadap melatonin, hormon yang mengatur siklus tidur manusia.

3. Jamur
                                             Image result for jamur
Jamur diketahui kaya akan vitamin D. Gominak dan timnya mengungkap bahwa vitamin D mempengaruhi Diencephalon, wilayah otak yang mengatur siklus tidur manusia.Gangguan tidur umumnya disebabkan kekurangan vitamin D.

4. Bayam
                                               Image result for bayam
Bayam diketahui mengandung magnesium. Behnood Abbasi dan timnya dalam penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Research in Medical Sciences mengungkap bahwa magnesium mempengaruhi durasi tidur seseorang karena berhubungan dengan produksi melatonin.

5. Ikan Tuna
                                          Image result for ikan tuna
Ikan Tuna diyakini mengandung nicotinamide (niacin). Katri Pehkuri dan timnya mengungkapkan dalam penelitian yang dimuat Nutrition Research Journal bahwa nicotinamide mendorong tidur malam yang berkualitas.

6. Pisang
                                               Image result for pisang
Kalium yang banyak terkandung dalam pisang meningkatkan relaksasi otot. Hal ini diungkapkan Bonaccorsi dan timnya dalam penelitian yang dimuat dalam Journal of Vascular Research. Relaksasi otot dipercaya membantu manusia beristirahat.

7. Putih Telur
                                     Image result for putih telur
L-Serine, sebuah asam amino yang banyak terkandung di dalam Putih Telur memberikan efek mengantuk. Fakta ini diperoleh melalui penelitian yang dilakukan Yukihiko Ito dan timnya seperti dimuat dalam SpringerPlus.

Sebaiknya rekan-rekan konsumsi salah satu atau beberapa makanan diatas saat makan malam, sehingga akan membantu rekan-rekan untuk dapat tidur nyenyak dimalam hari.

semoga bermanfaat....
7 MAKANAN YANG BISA MENGHILANGKAN INSOMNIA 7 MAKANAN YANG BISA MENGHILANGKAN INSOMNIA Reviewed by Mitalfandyk on 08:51 Rating: 5
Powered by Blogger.