Mengatasi Tumit Kering Secara Alami

Musim kering seperti ini sangat beresiko mendapatkan tumit pecah-pecah. Begitu juga dengan kapalan, yaitu mengerasnya sebagian daerah kaki akibat terlalu sering terkena gesekan. Kedua hal itu tidak boleh dianggap sepele, karena pecah dan kapalan menimbulkan rasa sakit jika pada akhirnya terbelah sampai dalam.



Terlebih kondisi seperti ini akan lebih berbahaya jika mengenai orang dengan diabetes. Sirkulasi darah akan terganggu dan menjadi jalan masuknya infeksi.
Lakukanlah beberapa hal di bawah ini supaya tumit dan kapalan jauh dari badan anda;

1. Hilangkan kulit mati dari kapalan secara bertahap. Rendamlah kaki beberapa saat sampai kulit sedikit merekah, bisa menggunakan rendaman air garam. Lalu gosoklah perlahan kulit kering yang menebal secara perlahan. Untuk menggosok bisa dengan menggunakan batu apung. Jangan paksakan untuk menghaluskan terlalu dalam, karena hal ini hanya untuk mengangkat kulit mati yang ada pada bagian atas tumit. Lakukan secara rutin seminggu sekali.

2. Setelah melakukan pengangkatan sel kulit mati, segera oleskan pelembab berbentuk krim. Sebaikanya pelembab khusus untuk kaki yang mengandung asam laktat dan asam salisilat. Anda bisa mndapatkan cream khusus pelembut kaki di apotik. Atau untuk bahan alami anda bisa mengoleskan getah papaya secara merata atau jeruk nipis.

3. Gunakan kaus kaki. Anda bisa menggunakan saat siang, ketika beraktivitas di rumah , kemana-mana memakai kaus kaki, namun akan lebih efektif jika hal di atas dilakukan ketika akan tidur. Atau sebelumnya bungkuslah dengan plastik.

4. Pilih sandal atau sepatu yang nyaman, yaitu yang ukurannya cukup dan memiliki bantalan untuk tumit yang empuk. Gesekan berlebihan membuat kapalan pada kaki.

Untuk anda yang memiliki masalah dengan tumit pecah dan kapalan, intinya buatlah kaki anda dalam kondisi yang lembab. Jangan lupa minumlah sesuai dengan kebutuhan atau tambahlah saat udara panas. Ini sebagai hidrasi langsung dari dalam tubuh yang juga sangat mempengaruhi kondisi luar tubuh.

Jika ada yang berpengalaman mengenai masalah tumit pecah atau "rorombeheun".

Sumber :

Lifestyle.kompas.com/read/2018/05/23/123800220/solusi-mencegah-kaki-kapalan-dan-tumit-pecah-pecah, cantiknyakulitsehat.com/skin/cara-cepat-haluskan-tumit-dengan-batu-apungh, Pengalaman pribadi.
Mengatasi Tumit Kering Secara Alami Mengatasi Tumit Kering Secara Alami Reviewed by Alfan gibs on 08:44 Rating: 5
Powered by Blogger.