7 GEDUNG TERTINGGI DI DUNIA

Gedung tertinggi di dunia


Semakin berkembangnya peradaban manusia modern,semakin membuat gila tingkah lakunya.Terlebih di negara-negara maju,mereka berlomba-lomba menciptakan segala sesuatu yang bisa dikatakan wuihhhh...Tak terkecuali pembangunan beberapa gedung yang Pada kesempatan kali  kita kupas bersama-sama.Tapi kita sebagai warga indonesia harus berbangga karena ternyata salah satu gedung di indonesia termasuk dalam gedung tertinggi di dunia.Berikut adalah gedung-gedung yang super megah nan tinggi :

1.Wuhan Greenland Center


Lokasi : Wuhan, China

Mulai Dibangun : 2012

Mulai Dibuka : 2017

Ketinggian : 606 meter

Adalah Adrian Smith dan Gordon Gill Architecture yang merancang desain dari bangunan tersebut.Menara yang meliputi hotel,residensial dan perkantoran ini memiliki fasad dengan struktur berlubang.Berbagai fitur yang sustainable digunakan pada bangunan ini.Sejumlah teknologi inovatif yang digunakan seperti greywater recovery system,sistem uap pendingin dan lampu hemat energi. Bangunan ini mampu menghemat energi hingga 51 persen.

"Arsitektur ini merupakan kombinasi dari seni dan sains yang kita suka,terdapat semacam kubah di atas untuk mengurangi beban angin dan akibatnya memungkinkan struktur untuk menjadi lebih efisien," kata Adrian Smith.

2.Shanghai Tower



Lokasi : Shanghai, China

Mulai Dibangun : 2009

Mulai Dibuka : 2014

Ketinggian : 632 meter

Shanghai Tower memiliki bentuk spiral dan silinder.Bangunan ini dirancang oleh Gensler Architects dan arsitek China Jun Xia.Proses konstruksinya memakan waktu tujuh tahun dengan biaya USD2,4 miliar atau setara dengan Rp31,3 triliun (kurs Rp13.065).

3.Signature Tower


Lokasi : Jakarta, Indonesia

Mulai Membangun : 2015

Mulai Dibuka : -

Ketinggian : 638 meter

adalah sebuah gedung 111 lantai yang direncanakan dibangun di tengah kawasan SCBD.Gedung yang digadang-gadang menjadi gedung tertinggi ke-5 di dunia ini akan memakan biaya US$ 1 miliar atau setara Rp 9 triliun.Tinggi Signature Tower direncanakan mencapai 638 meter dan bangunan selesai sebelum tahun 2020.
Gedung itu akan dibangun di lot 6 kawasan SCBD yang sebelumnya menjadi tempat automall,butik ponsel dan millenia.Kawasan ini dikembangkan oleh PT Danayasa Arthatama Tbk.Berdasarkan laporan tahunan 2010,tercatat pemegang saham PT Danayasa Arthatama Tbk,kepemilikan saham Tomy Winata di perusahaan ini 0,001%,kemudian publik 17,58% dan pemegang mayoritas adalah PT Jakarta International Hotels & Development (JIHD) Tbk sebesar 82,4%.

4.Seoul Light DMC Tower



Lokasi : Seoul, Korea Selatan

Mulai Dibangun : (Baru Usulan 2009)

Mulai Dibuka : -

Ketinggian : 640,4 meter

adalah 133 lantai,640 m (2.100 kaki) pencakar langit supertinggi yang diusulkan untuk pembangunan di Digital Media City, Seoul,Korea Selatan.Itu dijadwalkan untuk menjadi ketiga tertinggi bangunan di dunia saat selesai,setelah Burj Khalifa dan Pingan International Finance Centre.Itu akan menjadi gedung tertinggi di Korea.konstruksi pecah tanah pada tanggal 16 Oktober 2009, dan dijadwalkan akan selesai dan siap untuk ditempati oleh April 2015.Itu akan dibangun dengan ibukota negara sendiri dan teknologi dengan perkiraan biaya sebesar 3,3 triliun won (US $ 2,9 miliar).

Desain dan rekayasa dari Landmark Building DMC dilakukan oleh Skidmore, Owings & Merrill.Arsitek lokal record adalah SAMOO.bangunan itu ke rumah sebuah dek observasi di lantai 133 di 540 m (1.772 kaki),dari mana pengunjung akan dapat melihat seluruh metropolis Seoul dan sejauh Gaeseong,Korea Utara.Itu akan menjadi dek observasi tertinggi di dunia,lebih tinggi dibandingkan Burj Khalifa di lantai 124 di 440 m (1.444 kaki) dan lantai ke-100 Shanghai World Financial Center di 474 m (1.555 kaki).enam sampai hotel bintang-delapan akan berada di lantai 108-130, melebihi Park Hyatt Hotel (lantai 79-93) di Shanghai World Financial Center,sebagai kamar hotel tertinggi di dunia.

Semua fungsi dari sebuah kota abad futuristik 21 itu harus dimasukkan ke dalam bangunan,termasuk kantor berteknologi  paling tinggi dan ruang perumahan,sebuah department store,pusat perbelanjaan mewah, sebuah pusat konvensi besar,akuarium interaktif terbesar di dunia,restoran internasional dan fasilitas untuk media,budaya dan pameran.

Pembangunan gedung itu didukung oleh Pemerintah Metropolitan Seoul dan sedang dibangun pada kecepatan tercepat di antara proyek-proyek gedung pencakar langit besar oleh Korea Selatan Samsung C & T, yang karyanya termasuk Burj Khalifa,Taipei 101 dan Petronas Twin Towers.

5.Ping An Financial Center


Lokasi : Shenzhen, China

Mulai Dibangun : 2010

Mulai Dibuka : 2015


Ketinggian : 660 meter


adalah 115 lantai megatall pencakar langit di Shenzhen, Provinsi Guangdong,Cina.Bangunan ini ditugaskan oleh Ping An Insurance dan dirancang oleh perusahaan arsitektur Amerika Kohn Pedersen Fox Associates.Hal ini diharapkan akan selesai pada tahun 2016,sehingga menjadi bangunan tertinggi di dunia nomor 4.

6.Burj Khalifa


Lokasi : Dubai, Uni Emirat Arab

Mulai DIbangun : 2004

Mulai Dibuka : 2010

Ketinggian : 828 meter

Burj Khalifa (bahasa Arab برج خليفة yang berarti 'Menara Khalifa'),sebelumnya bernama Burj Dubai,adalah sebuah pencakar langit di Dubai,Uni Emirat Arab yang diresmikan pembukaannya pada 4 Januari 2010.Ketinggian pencakar langit ini adalah 828 meter (2.717 kaki).
Burj Khalifa adalah bangunan tertinggi di dunia yang pernah dibuat oleh manusia.Dimulai dari melewati ketinggian Taipei 101 sebagai bangunan tertinggi di dunia pada 21 Juli 2007.Pada tanggal 12 September 2007, Burj Khalifa berhasil melewati ketinggian CN Tower sebagai struktur bebas (tanpa penyangga) tertinggi di dunia dan pada tanggal 7 April 2008 struktur tertinggi di dunia dari Menara KVLY-TV yang berada di Blanchard, North Dakota,Amerika Serikat berhasil dilewati. Struktur tertinggi yang pernah dibuat oleh manusia,Menara Radio Warsawa 645,4 m (2.120 kaki) dibuat pada 1974 (namun runtuh pada saat renovasi pada 1991) berhasil dilewati pada 1 September 2008.

7.Kingdom Tower


Lokasi Jeddah, Arab Saudi

Koordinat 21.734103 ° N 39.082980 ° E

Konstruksi dimulai April 2013 1

Diperkirakan selesai 2020

Biaya : SR 4,6 miliar (US $ 1,23 milyar)

Ketinggian : 1000 m

Pangeran Alwaleed bin Tatal punya cita-cita punya menara tertinggi di dunia sebelum memasuki tahun 2020.Maka dari itu proyek Kingdom Tower pun dilakukan.

Seperti dikutip dari ArchDaily, Senin (6\/5\/2013), dengan modal US$ 1,23 miliar (Rp 11,6 triliun), Alwaleed meminta salah satu kelompok usahanya,Jeddah Economic Company yang dikuasai Kingdom Holding Company,membangun menara dengan ketinggian 1.000 meter atau 1 km.

Jeddah Economic Company pun bekerja sama dengan perusahaan asal London,Tim Macedan EC Harris.Gedung ini diperkirakan bakal mengalahkan gedung tertinggi dunia saat ini yaitu Burj Khalifa di Dubai.
Kingdom Tower ini akan menghadap Laut Merah dan pembangunannya akan memakan waktu lima tahun.Gedung itu akan terdiri dari hotel bintang lima,apartemen,ruang kantor dan observatory untuk mengamati benda-benda di langit.

Menara ini didesain oleh arsitek asal Chicago, Adrian Smith,dari firma Adrian Smith + Gordon Gill Architecture (AS + GG). Kedua arsitek itu merupakan perancang menara Burj Khalifa ketika masih bekerja untuk firma arsitek Skidmore, Owings & Merill (SOM).


Coba rekan-rekan bayangkan betapa tingginya gedung-gedung tersebut.Semoga bisa menambah wawasan rekan-rekan.
7 GEDUNG TERTINGGI DI DUNIA 7 GEDUNG TERTINGGI DI DUNIA Reviewed by Mitalfandyk on 00:38 Rating: 5
Powered by Blogger.