Bahaya Mencuci Daging Ayam Mentah

Kebanyakan orang selalu mencuci daging ayam mentah sebelum dimasak.Alasannya untuk membersihkan daging.Nyatanya kebiasaan itu keliru.
               Hasil gambar untuk daging ayam
Mencuci daging ayam mentah tidak membunuh kuman sama sekali,justru berisiko menyebarkan bakteri ke permukaan perabot dapur,pakaian dan peralatan maka.
Menurut penelitian,banyak orang yang tidak menyadari bahwa mencuci daging unggas mentah dapat menyebarkan bakteri dan meningkatkan risiko keracunan makanan pada tubuh.Bakteri yang dimaksud adalah kampilobakter.Bakteri ini menjadi salah satu penyebab paling umum seseorang mengalami keracunan makanan.Selain kampilobakter,daging ayam mentah juga berpotensi mengandung bakteri lainnya seperti Salmonella,E. Coli dan enterokokus.

Bahaya Terinfeksi Kampilobakter

Ketika terinfeksi bakteri kampilobakter,gejala yang akan dirasakan adalah sakit perut dan diare.Gejala muncul dua hingga lima hari setelah bakteri masuk ke dalam tubuh.Kondisi bisa menyebabkan komplikasi jika orang yang terinfeksi adalah anak-anak,orang tua atau mereka yang memiliki sistem kekebalan rendah seperti pengidap HIV dan kanker.
Komplikasi yang dapat terjadi akibat infeksi kampilobakter adalah:
Kasus yang ringan biasanya bisa ditangani di rumah tanpa perlu perawatan medis.Namun,segera ke dokter jika mengalami gejala-gejala ini:
* Kejang-kejang.
* Muntah lebih dari dua hari atau ada darah dalam muntahan.
* Diare selama lebih dari tiga hari atau ada darah di tinja.
* Penglihatan ganda.
* Bicara tidak jelas.
* Perubahan mental.
* Tanda-tanda dehidrasi seperti mulut kering,mata cekung,kurang buang air kecil.

Tips Mengelola Daging Ayam Mentah

Daging ayam mengandung protein tinggi dan banyak vitamin,seperti vitamin A,vitamin B3,vitamin B5 dan vitamin B6 yang berguna untuk tubuh.Jangan biarkan “tamu tidak diundang” ikut masuk ke dalam tubuh rekan-rekan.Berikut ini bisa menjadi tips-tips yang dapat berguna dalam memasak dan menyimpan daging ayam yang masih mentah.
Kegiatan mencuci makanan tidak selamanya bermanfaat dalam menyingkirkan kuman.Upayakan untuk memasak makanan rekan-rekan dengan sempurna karena ini adalah cara yang paling efektif

Semoga bermanfaat dan kita terhindar dari penyakit-penyakit yang berbahaya.

sumber : Alodokter
Bahaya Mencuci Daging Ayam Mentah Bahaya Mencuci Daging Ayam Mentah Reviewed by Mitalfandyk on 03:43 Rating: 5
Powered by Blogger.