Penyebab Mesin Motor Matic Mati Mendadak

Apakah rekan-rekan pernah mengalami hal tersebut ?

Hasil gambar untuk motor matic mati mendadak saat jalan
Selamat sore rekan-rekan.Pernahkah rekan-rekan mengalami mesin motor matic mati mendadak??saya sendiri pernah mengalami hal tersebut ketika berada di simpang tiga.Untungnya dalam kondisi sepi,jadi tidak sampai mengganggu pengguna jalan yang lain dan perlu waktu untuk menghidupkan kembali motor tersebut.Setelah googling sana-sini dan curhat sama pak mekanik,akhirnya bisa disimpulkan yang menyebabkan mesin motor matic mati mendadak.

Simak rekan-rekan apa saja penyebabnya :

1.Penyetelan putaran mesin terlalu rendah atau di bawah standar.

Idealnya,putaran mesin motor matic (kalau motor saya Honda BeAT) berada di 1.700 +/- 100.Sehingga bila mesin akan mudah mati bila putarannya lebih rendah.

2.Tekanan pada pompa bahan bakar juga bisa menyebabkan mesin mati.

Terlebih bila tekanannya tak sesuai dengan standar yakni 294 kilopascal (kPa).

3.Busi yang sudah kotor dan melebihi batas waktu pemakaian juga bisa membuat mesin mati mendadak.

Disarankan untuk mengganti busi apabila telah digunakan 8.000 km.

4.Adanya kerak karbon (sisa hasil pembakaran bahan bakar)

Kerak karbon yang mengganjal di sisi payung valve sehingga mengakibatnya kompresi bocor dan hal ini mengakibatkan mesin mati.

5.Penggunaan Bahan Bakar Beroktan Rendah

Pemilihan jenis bahan bakar berpengaruh besar pada proses pembakaran setiap motor.Pemakaian oktan yang rendah akan menimbulkan jumlah timbal yang lepas menyumbat klep sehingga motor mendadak mati.Seperti premium yang memiliki harga yang murah padahal kadar oktannya 88 yang termasuk kategori oktan rendah.
Pilihlah bahan bakar dengan kadar oktan tinggi diatas 92 seperti Pertamax.Dengan tingkat oktan yang tinggi proses pembakaran lebih sempurna dan tingkat polutan yang dihasilkan juga kecil.

6.Filter Udara Yang Kotor

Fungsi filter udara adalah untuk menyaring agar udara yang masuk ke dalam ruang bakar tidak bercampur dengan partikel partikel kotoran dan debu agar campuran udara dan BBM lebih sempurna.Apabila kondisi filter udara kotor maka akan berakibat pada tarikan gas motor jadi berat dan motor akan mendadak mati atau mogok.Filter udara menjadi kotor dapat disebabkan karena usia pemakaian yang sudah lama.
Pastikan rekan-rekan sering cek kondisi saringan udara.Motor Matic Honda sekarang sudah menggunakan filter udara jenis basah dimana filter udara ini tidak bisa dibersihkan dan harus langsung diganti.Sisi positifnya adalah filter udara ini lebih tahan dibanding filter udara kering yang harus dibersihkan secara berkala.

7. Setelan Klep Tidak Tepat

Penyebab motor mendadak mati bisa diakibatkan dari setelan klep yang terlalu rapat.Bila celah terlalu rapat,mesin bakal cepat panas dan akselarasi terlampau kurang.Kerenggangan klep ini sangat penting,maka dari itu setiap motor diberikan rentang ukuran yang sudah di standarkan sesuai spesifikasi mesin.Ketidak cocokan setingan klep in dan ex bisa memperpendek masa pakai dari komponen tersebut.

8.Mesin Terlalu Panas atau Overheat

Penyebab overheat pada motor adalah sirkulasi oli di dalam mesin tersumbat.Ring piston menjadi kering sehingga motor akan mendadak mati.Suhu panas tersebut muncul dari sistem pembakaran atau dari gesekan-gesekan yang terjadi antara piston dan liner boring.Panas tidak mampu diredam dengan pelumas sehingga suhu cepat naik,akibatnya piston memuai dan macet padaliner boring.Tunggu mesin sampai benar-benar dingin.Setelah itu,lepaskan busi kemudian masukkan oli yang baru melalui lubang busi.Ini berguna untuk melumasi piston yang tersumbat.Setelah mesin dingin dan oli telah dimasukkan,nyalakan motor menggunakan starter elektrik.

9.Komponen Pengapian Mati

Salah satu penyebab sepeda motor mendadak mati adalah hilangnya pengapian.Percikan api dalam pengapian ini berfungsi membakar uap bahan bakar yang masuk ke ruang pembakaran.Di ruang pembakaran inilah motor bisa memperoleh daya gerak.Jika api hilang maka akan berdampak tidak ada proses pembakaran dan mesin pun tidak akan hidup.Untuk mencari penyebab hilangnya api harus mendeteksi satu per satu komponen pengapian motor,mulai dari busi,koil,CDI,sepul dan lainnya.
Harus dilakukan pengecekan satu per satu mulai dari busi, koil, CDI, sepul dan bagian lain motor untuk memastikan komponen pengapian mana yang mati.
    • Busi
      Lepas dan dekatkan busi pada blok mesin,kemudian tekan tombol starter.Jika busi memercikan api dengan warna biru,artinya busi sehat.Jika percikan apinya merah,ganti dengan busi baru sesuai spesifikasi motor.
      Busi Rusak 

    • Koil
      Tempelkan kabel koil ke badan mesin lalu starter mesin,bila terdapat percikan api jangan terburu-buru menyimpulkan koil masih bagus.Cek ulang dengan memasang busi,bila ternyata tidak ada percikan api berarti koil tidak berfungsi optimal.Karena fungsi koil untuk memperbesar arus listrik kalau ternyata arus di busi tidak ada maka komponen itu tidak berfungsi lagi.Alangkah lebih baik bawa ke bengkel terdekat supaya bisa dicek dengan multitester.
      Koil Honda Vario 125 FI 

    • CDI
      Komponen ini adalah otaknya sistem pengapian.Sama halnya dengan koil,CDI bawaan sepeda motor jarang rusak kecuali korsleting atau sudah diganti dengan CDI aftermarket.Jika pakai CDI aftermarket,ganti dulu dengan CDI standar.Jika mesin hidup,masalah ada pada CDI aftermarket rekan-rekan.
      CDI Honda BeaT

10.Tutup Tangki Tersumbat

Pada tutup tangki terdapat lubang kecil yang berfungsi sebagai ventilator  atau pernafasan.Apabila lubang kecil tersebut tersumbat akan berakibat hilangnya sirkulasi udara sehingga bahan bakar tidak turun atau tidak mengalir.
Tutup Tangki Honda Vario 125

Pastikan lubang ventilator tutup tangki bersih dan tidak tersumbat.Gunakan udara bertekanan atau kompresor untuk membuang kotoran yang menyumbat lubang.

Kesimpulannya,servis secara berkala motor matic kesayangan rekan-rekan,serta ganti oli secara rutin minimal 1 bulan sekali.Semoga bermanfaat rekan-rekan.
Penyebab Mesin Motor Matic Mati Mendadak Penyebab Mesin Motor Matic Mati Mendadak Reviewed by Mitalfandyk on 03:07 Rating: 5
Powered by Blogger.