5 Tanda Gejala Gagal Ginjal

Gagal ginjal adalah salah satu masalah kesehatan yang menduduki urutan ketiga setelah penyakit jantung dan kanker.Mengerikannya,masalah kesehatan ini terus saja bertambah karena kesalahan gaya hidup setiap individu.
Seperti diwartakan oleh bintang.com dari boldsky.com,kasus gagal ginjal ini menjangkiti 90 persen masyarakat India.Ini semua terjadi karena pola makan dan gaya hidup yang salah.
Ginjal merupakan salah satu organ yang berfungsi menyaring kotoran dari darah.Akibat makanan yang tak sehat seperti halnya berlemak dan berkolesterol tinggi justru akan merusak organ ini.Hingga pada akhirnya ginjal akan mengalami kegagalan dalam menyaring kotoran dan racun.
Tapi sayangnya tak banyak yang menyadari hal ini.Bahkan kebanyakan mereka tidak menyadari akan gejala gagal ginjal tersebut. Berikut ada beberapa tanda yang memberikan petunjuk jika seseorang mengalami gagal ginjal.

1. Masalah Buang Air Kecil


Image result for buang air kecil
http://obatradangdannyeri.com
                                          
Kencing menjadi salah satu pertanda sobat mengalami gagal ginjal.Bila air seni yang keluar hanya sedikit,berbusa,berdarah serta frekuensi buang air kecil lebih sering di malam hari,bisa menjadi kemungkinan kecil beresiko terkena masalah ginjal.Bisa jadi filter ginjal rusak.

2. Tungkai Bengkak

Image result for tungkai bengkak
                                                                  http://kerozzi.blogspot.nl                                                                         
Pertanda lain dari gagal ginjal adalah perubahan fisik di bagian tungkai.Bagian ini akan mengalami pembengkakan seperti balon.Ini bisa jadi indikasi penurunan fungsi ginjal.Terjadi retensi natrium yang mengakibatkan pembesaran di bagian kaki dan pergelangan kaki.

3. Tidak Nafsu Makan


Image result for tidak nafsu makan
http://khasimanfaat.com
S
                               

Hilangnya nafsu makan bisa menjadi salah satu tanda dari gagal ginjal.Biasanya akan diseratai mual dan muntah.Ini dikarenakan penumpukan racun dalam tubuh yang gagal di saring oleh ginjal.

4. Kulit Gatal

Saat organ manusia yang berjumlah sepasang ini sudah tidak mampu menjaga keseimbangan antara nutrisi dan mineral dalam tubuh.Maka dampaknya akan tampak pada kulit yang gatal-gatal.Bila tidak mempan saat diberikan obat,maka sebaiknya segera periksakan ke dokter. Bisa jadi itu gejala gagal ginjal.

                           

5. Mata Bengkak

Hal yang mengerikan bisa terjadi saat seseorang mengalami gagal ginjal adalah pembengkakan mata.Gejala ini disebabkan oleh karena ginjal mengalami kebocoran hingga sebagian protein dapat tercampur dalam urin.

Mengetahui kelima gejal tersebut,sudah selayaknya bila mengalami sendiri satu di antaranya segera memeriksakan diri ke dokter.Tujuannya untuk mengetahui diagnosis sebenarnya dan dapatkan penanganan lanjutan.
5 Tanda Gejala Gagal Ginjal 5 Tanda Gejala Gagal Ginjal Reviewed by Mitalfandyk on 09:11 Rating: 5
Powered by Blogger.